Miss Universe 2009 Suka Batik

Miss Universe 2009 Stefania Fernandez, 19 tahun, tak tahu bahwa batik berasal dari Indonesia. "Saya kira Indonesia hanya menggunakan batik sebagai fashion, tidak tahu kalau Indonesia asalnya," kata Stefania di Yogyakarta kemarin.

Selama dua pekan kunjungannya di Indonesia, Stefania mengenakan busana bercorak batik. "Saya senang memakainya, terasa nyaman dan elegan," ucap Stefania, yang didampingi Putri Indonesia 2009 Qory Sandioriva dan Ketua Yayasan Putri Indonesia B.R.A. Mooryati Soedibyo.

Stefania mengenakan gaun bercorak batik karya beberapa desainer asal Jakarta, seperti Raden Sirait, dan desainer asal Semarang, Anne Avantie. Pada Rabu siang lalu, misalnya, gaun terusan di atas lutut yang dikenakannya pun bercorak batik.

Gaun itu terlihat tipis dan ringan lantaran terbuat dari sutra. "Karena Indonesia daerah tropis, jadi nyaman jika kainnya tipis seperti sutra," kata Stefania, yang akan pulang ke negara asalnya dengan membawa batik hadiah dari desainer Didit Prabowo.

Kemarin Stefania mengunjungi Candi Borobudur. "Ini untuk pertama kalinya saya datang ke sini (Candi Borobudur)," kata gadis kelahiran Merida, Venezuela Barat, ini kepada Tempo. Pada malam harinya, ia dijadwalkan menghadiri makan malam dan menonton pertunjukan legenda Roro Jonggrang di pelataran Candi Prambanan.

"Saya senang berkunjung ke Indonesia dan belajar budayanya, sekaligus bergaul dengan masyarakat Indonesia," katanya dalam bahasa Spanyol, yang kemudian diterjemahkan oleh seorang penerjemah.

0 komentar:

Posting Komentar